Gaizka Mendieta

Gaizka Mendieta menjelaskan apa yang harus dilakukan Spanyol untuk bisa mengalahkan Italia.

Jika Anda bertanya kepada saya sebelum turnamen, Italia akan menjadi satu-satunya tim yang tidak ingin saya hadapi sampai final, tetapi saya memiliki kepercayaan besar pada Luis Enrique dan timnya. Saya pikir mereka sudah siap.

Hanya nama ‘Italia’ yang pernah membuat ketakutan di hati tim Spanyol tetapi ‘takut’ bukanlah kata lagi: ‘rasa hormat’ adalah. Ini adalah era yang berbeda. Italia bermain dengan cara yang lebih ‘Spanyol’ โ€“ lebih nyaman dengan penguasaan bola, namun tetap dengan intensitas dan daya saing tradisional mereka. DNA sepakbola Italia itu akan selalu ada.

Roberto Mancini telah membawa gaya permainan pribadinya ke tim Azzurri ini. Pujian untuk itu. Italia memiliki atletis yang luar biasa tetapi karakteristik mereka yang paling penting, saya pikir, adalah keseimbangan taktis dan teknis โ€“ mereka mungkin tim terbaik yang pernah saya lihat di turnamen ini. Spanyol adalah tim yang paling dekat dengan mereka, dan karena Italia memiliki sedikit keunggulan dalam hal energi, ini akan menjadi pertandingan tersulit Spanyol sejauh ini.

Ada argumen untuk dan melawan Marcos Llorente masuk di lini tengah kanan. Juga karena menggunakan Ferran Torres satu lawan satu melawan Emerson (yang seharusnya menggantikan Leonardo Spinazzola) membuat khawatir bek pengganti. Lalu simpan Llorente di bangku cadangan untuk menambah energinya nanti? Itu bisa bekerja dengan cara apa pun.

Apakah Luis Enrique melakukannya dengan energi dan serangan di babak pertama, atau menyimpan energi itu untuk nanti, dengan Torres datang dari bangku cadangan untuk mencoba dan menyelesaikan pertandingan? Dalam hal penguasaan bola, Spanyol perlu berusaha menjaga bola cukup lama membuat Italia tidak nyaman, membuat mereka kehabisan energi. Namun Spanyol juga harus intens dan berakselerasi dengan bola guna menjebol lini tengah dan pertahanan Italia. Itulah tantangan Spanyol. Tidak mudah.

Sorotan final EURO 2012: Spanyol 4-0 Italia
Tim-tim ini sangat mirip. Ini akan menarik bagaimana satu tanpa bola merespon โ€“ keduanya akan bersemangat untuk mendapatkannya kembali. Spanyol harus memperlambat Italia, tetapi harus mempercepat diri mereka sendiri, ketika mereka menyerang.

Untuk menang, Spanyol harus meningkatkan pertahanan. Mereka belum cukup kejam. Setiap salib telah menjadi kekhawatiran. Menjadi kompak, tidak memberikan umpan silang, tidak memberikan tendangan bebas dan tendangan sudut sangat penting saat menghadapi ancaman udara dari Giorgio Chiellini dan Leonardo Bonucci. Spanyol harus lebih tangguh. Jika Bonucci dan Chiellini memiliki satu kelemahan, itu adalah kecepatan. Jadi dapatkan bola di belakang mereka, cobalah untuk membuat mereka tidak nyaman โ€“ lalu ambil peluang itu!

Spanyol bisa menang. Mengapa? Karena mereka bisa mendominasi bola. Melawan tim seperti Italia Anda harus memiliki hari Anda. Spanyol sedang bangkit, mendapatkan kepercayaan diri dan kualitas sepak bola. Tapi yang terbaik belum datang. Kapan waktu yang tepat untuk meningkatkan? Ketika Anda memiliki Italia di depan Anda! La Roja hanya membutuhkan sikap ‘juara’ yang keras. Sudah waktunya bagi Spanyol untuk menunjukkan keinginan mereka untuk memenangkan EURO ini. Melawan tim besar pertama yang harus mereka hadapi, inilah saatnya untuk tampil. Apa yang terjadi sebelumnya tidak masalah. Tim ini sudah siap.

Gaizka Mendieta: Spanyol harus menjaga bola untuk mengalahkan Italia